MENENTUKAN VARIABEL DAN RUMUSAN MASALAH
Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh..
Pada postingan kali
ini saya akan menampilkan beberapa contoh rumusan masalah dimana nantinya saya
akan mencoba menemukan variabel dependen, variabel independen dan juga variabel
moderator dari rumusan-rumusan masalah tersebut. Setelah itu, saya akan
membenahinya menjadi rumusan masalah dengan penggunaan kalimat yang tepat.
1. Mengapa anak usia SD
yang ibunya bekerja cenderung lebih mandiri daripada yang ibunya tinggal di
rumah?
· Variabel Independen : Ibu bekerja
· Variabel Dependen : Kemandirian anak usia SD
· Pembenaran kalimat :
Bagaimana kecenderungan kemandirian anak
usia SD yang ibunya bekerja?
2. Tingkat penalaran
abstrak mahasiswa UM pada jurusan-jurusan ilmu sosial lebih rendah bila
dibandingkan dengan mahasiswa pada
jurusan-jurusan ilmu-ilmu eksakta.
· Variabel independen : mahasiswa jurusan ilmu eksakta
· Variabel dependen : mahasiswa jurusan ilmu sosial
· Variabel moderator : tingkat penalaran abstrak
· Pembenaran kalimat :
Apakah ada perbedaan tingkat penalaran
abstrak mahasiswa jurusan-jurusan ilmu sosial dengan mahasiswa jurusan-jurusan
ilmu eksakta di UM?
3. Bagaimana
mengembangkan keterampilan membuka diri siswa SMP?
· Variabel independen : siswa SMP
· Variabel dependen : keterampilan membuka diri
· Pembenaran kalimat :
Bagaimana pengaruh pengembangan keterampilan
membuka diri pada siswa SMP?
4. Apakah paket kejar A
yang dikembangkan memang dapat membantu meningkatkan penalaran matematika anak
remaja di desa Karangwidoro kecamatan Dau?
· Variabel independen : anak remaja desa Karangwidoro kecamatan
Dau
· Variabel dependen : penalaran matematika
· Variabel moderator : paket kejar A
· Pembenaran kalimat :
Bagaimana pengaruh pengembangan paket kejar
A terhadap peningkatan penalaran matematika anak remaja di desa Karangwidoro
kecamatan Dau?
5. Mungkinkah Pendekatan
Pembelajaran Terstruktur memberi dampak positif pada perkembangan kecerdasan
emosional siswa SMK
· Variabel independen : siswa SMK
· Variabel dependen : perkembangan kecerdasan emosional
· Variabel moderator : pendekatan pembelajaran terstruktur
· Pembenaran kalimat :
Bagaimana pengaruh positif yang diberikan
pendekatan pembelajaran terstruktur kepada perkembangan kecerdasan emosional
siswa SMK?
6. Pengetahuan dan
kompetensi supervisor apakah yang mencirikan supervisi konselor yang efektif?
· Variabel independen : supervisi konselor
· Variabel dependen : pengetahuan dan kompetensi supervisor
· Pembenaran kalimat :
Apa pengetahuan dan kompetensi supervisor
yang dapat menjadi ciri supervisi konselor yang efektif?
7. Dapatkah pengetahuan
dan kompetensi supervisor konselor sekolah diukur secara valid dan reliabel?
· Variabel in&dependen : pengetahuan dan kompetensi supervisor sekolah
· Variabel moderator : pengukuran pengetahuan dan kompetensi
supervisor sekolah secara valid dan reliabel
· Pembenaran kalimat :
Bagaimana cara pengukuran yang valid dan reliabel
terkait pengetahuan dan kompetensi supervisor konselor sekolah?
Demikian yang dapat
saya berikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf.
Wassalamualaykum
warahmatullahi wabarakatuh..
Komentar
Posting Komentar