MENENTUKAN VARIABEL DAN RUMUSAN MASALAH


Assalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh..

Pada postingan kali ini saya akan menampilkan beberapa contoh rumusan masalah dimana nantinya saya akan mencoba menemukan variabel dependen, variabel independen dan juga variabel moderator dari rumusan-rumusan masalah tersebut. Setelah itu, saya akan membenahinya menjadi rumusan masalah dengan penggunaan kalimat yang tepat.

1.     Mengapa anak usia SD yang ibunya bekerja cenderung lebih mandiri daripada yang ibunya tinggal di rumah?
·      Variabel Independen    : Ibu bekerja
·      Variabel Dependen      : Kemandirian anak usia SD
·      Pembenaran kalimat     :
Bagaimana kecenderungan kemandirian anak usia SD yang ibunya bekerja?

2.  Tingkat penalaran abstrak mahasiswa UM pada jurusan-jurusan ilmu sosial lebih rendah bila dibandingkan dengan mahasiswa  pada jurusan-jurusan ilmu-ilmu eksakta.
·      Variabel independen    : mahasiswa jurusan ilmu eksakta
·      Variabel dependen       : mahasiswa jurusan ilmu sosial
·      Variabel moderator      : tingkat penalaran abstrak
·      Pembenaran kalimat     :
Apakah ada perbedaan tingkat penalaran abstrak mahasiswa jurusan-jurusan ilmu sosial dengan mahasiswa jurusan-jurusan ilmu eksakta di UM?

3.     Bagaimana mengembangkan keterampilan membuka diri siswa SMP?
·      Variabel independen    : siswa SMP
·      Variabel dependen       : keterampilan membuka diri
·      Pembenaran kalimat     :
Bagaimana pengaruh pengembangan keterampilan membuka diri pada siswa SMP?

4.    Apakah paket kejar A yang dikembangkan memang dapat membantu meningkatkan penalaran matematika anak remaja di desa Karangwidoro kecamatan Dau?
·      Variabel independen    : anak remaja desa Karangwidoro kecamatan Dau
·      Variabel dependen       : penalaran matematika
·      Variabel moderator      : paket kejar A
·      Pembenaran kalimat     :
Bagaimana pengaruh pengembangan paket kejar A terhadap peningkatan penalaran matematika anak remaja di desa Karangwidoro kecamatan Dau?

5.  Mungkinkah Pendekatan Pembelajaran Terstruktur memberi dampak positif pada perkembangan kecerdasan emosional siswa SMK
·      Variabel independen    : siswa SMK
·      Variabel dependen       : perkembangan kecerdasan emosional
·      Variabel moderator      : pendekatan pembelajaran terstruktur
·      Pembenaran kalimat     :
Bagaimana pengaruh positif yang diberikan pendekatan pembelajaran terstruktur kepada perkembangan kecerdasan emosional siswa SMK?

6.   Pengetahuan dan kompetensi supervisor apakah yang mencirikan supervisi konselor yang efektif?
·      Variabel independen    : supervisi konselor
·      Variabel dependen       : pengetahuan dan kompetensi supervisor
·      Pembenaran kalimat     :
Apa pengetahuan dan kompetensi supervisor yang dapat menjadi ciri supervisi konselor yang efektif?

7.  Dapatkah pengetahuan dan kompetensi supervisor konselor sekolah diukur secara valid dan reliabel?
·      Variabel in&dependen : pengetahuan dan kompetensi supervisor sekolah
·  Variabel moderator  : pengukuran pengetahuan dan kompetensi supervisor sekolah secara valid dan reliabel
·      Pembenaran kalimat     :  
Bagaimana cara pengukuran yang valid dan reliabel terkait pengetahuan dan kompetensi supervisor konselor sekolah?

Demikian yang dapat saya berikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaykum warahmatullahi wabarakatuh..

Komentar

Postingan Populer