HAND-OUT 1 (Mata Kuliah Riset Kuantitatif)

TUGAS INDIVIDU

A. 
1. Cari pengertian penelitian dari  3 buah buku sumber, tuliskan (kutip) definisi penelitian

  • Penelitian adalah suatu kegiatan/proses sistematis untuk memecahkan masalah yang dilakukan dengan menerapkan metode ilmiah. (Emzir, 2008. Kata kunci: sistematis, metode, ilmiah)
  • Penelitian adalah cara-cara yang sistematis untuk menjawab masalah yang sedang diteliti (Sarwono, 2006. Kata kunci: sistematis, masalah)
  • Penelitian merupakan suatu proses yang dilakukan secara sistematis dan objektif yang melibatkan unsur penalaran dan observasi untuk menemukan, memverifikasi dan memperkuat teori serta untuk memecahkan masalah yang muncul dalam kehidupan (Kuntjojo, 2009. Kata kunci: sistematis, objektif, penalaran, observasi, teori, masalah)
2. Buatlah definisi penelitian dengan menggunakan bahasa anda sendiri.
Penelitian merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sistematis dan disusun secara objektif serta membutuhkan penalaran dan observasi untuk dapat memecahkan masalah maupun memperkuat teori.
B.
1. Cari karakteristik penelitian dari 3 buku sumber.
  • Tuckman (1988) dalam Setyosari (2016) menyatakan bahwa ciri-ciri khusus (karakteristik) proses penelitian, yaitu: (1) sistematis, (2) logis, (3) empiris, (4) reduktif, dan (5) pengulangan dan dapat ditransmisi.
  • Sugiyono (2017) memaparkan bahwa karakteristik penelitian terdiri dari empat poin, yakni: (1) ilmiah, (2) rasional, (3) empiris, dan (4) sistematis.
  • Babbie (1992) dalam Gulö (2000) mengungkapkan bahwa ciri pokok penelitian terdiri dari dua pilar, yakni logika atau rasionalitas dan empiris.
2. Buat perbandingan (cari persamaan dan perbedaan) karakteristik penelitian dari 3 buku sumber tersebut
Persamaan dari ketiga karakteristik yang disebutkan dalam 3 buku yang berbeda diatas adalah penelitian memiliki karakteristik logis/rasional dan empiris. Rasional artinya penelitian haruslah dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal sehingga dapat dijangkau oleh akal manusia. Kemudian empiris artinya berdasarkan atas sesuatu yang bisa diamati oleh indera manusia sehingga orang lain (selain peneliti) mampu mengamati dan mengetahui cara-cara yang digunakan.
Sedangkan untuk perbedaan dari ketiganya adalah, Sugiyono (2017) menyebutkan karakteristik ilmiah yang tidak disebutkan oleh kedua penulis lainnya. Selain itu, Tuckman (1988) dalam Setyosari (2016) menyebutkan dua karakteristik yang tidak disebutkan oleh kedua penulis lainnya, yakni reduktif serta pengulangan dan dapat ditransmisi. Terakhir yakni Babbie (1992) dalam Gulö (2000) tidak mencantumkan karakteristik sistematis sedangkan karakteristik tersebut ditulis oleh kedua penulis lainnya.

TUGAS KELOMPOK

1. Diskusikan kata-kata kunci dalam definisi penelitian, yang anda temukan, dengan teman dalam kelompok anda. Kumpulkanlah kata-kata kunci yang ditemukan oleh setiap anggota kelompok. Berdasarkan kata kunci itu, buatlah definisi penelitian dengan menggunakan bahasa anda sendiri.
a)      Kata-kata kunci: sistematis, metode, ilmiah, masalah, objektif, penalaran, observasi, teori, analisis, penemuan, pembuktian, pengembangan, klaim, dan kebenaran.
b)      Definisi penelitian menurut kata-kata kunci
Penelitian adalah upaya sistematis dan objektif yang dilakukan dengan menerapkan metode ilmiah serta membutuhkan penalaran, observasi, dan analisis yang bersifat penemuan, pembuktian dan pengembangan. Penelitian memiliki fungsi untuk memperkuat teori, membuat klaim, menguji kebenaran serta memecahkan masalah.

2. Diskusikan karakteristik penelitian dengan teman kelompok, buat kesimpulan hasil diskusi kelompok tentang karakteristik penelitian.
Dari karakteristik penelitian yang diperoleh oleh kedua anggota kelompok, kami menyimpulkan terdapat persamaan dan perbedaan karakteristik penelitian diantara keduanya. Persamaannya ada pada karakteristik, sistematis, empiris, ilmiah, dan logis/rasional. Sedangkan perbedannya ada pada karakteristik terkontrol, kritis, terencana, penelitian dimulai dari pertanyaan dalam pikiran peneliti, penelitian diarahkan untuk memecahkan suatu masalah dan originalitas.

3. Diskusikan alasan konselor harus meneliti dengan teman kelompok anda. Buat kesimpulan hasil diskusi anda.
Konselor harus meneliti agar memperoleh data yang valid dan relevan mengenai konseli sehingga konselor dapat membantu konseli secara maksimal dengan syarat penelitian yang dilakukan oleh konselor haruslah sesuai dengan pengertian penelitian yang tepat.

DAFTAR PUSTAKA:

Emzir. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Gulö, W. 2000. Metodologi Penelitian. Jakarta: GRASINDO
Kuntjojo. 2009. Metodologi Penelitian. Kediri
Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer