HAND-OUT 2 (Mata Kuliah Riset Kuantitatif)
Tugas Individual:
Cari perbedaan antara kegiatan
ilmiah dan kegiatan non ilmiah dari berbagai sumber pustaka (buku, makalah,
bahan dari internet). Gunakan tabel berikut ini untuk menganalisa perbedaan
tersebut. Kerjakan tugas ini di luar jam perkuliahan. Tulis hasil kerja anda
dan upload dalam blog anda.
ASPEK PERBEDAAN
|
ILMIAH
|
NON ILMIAH
|
Pendekatan terhadap masalah
|
Empiris
|
Intuitif
|
Konsep teori
|
Definisi jelas, operasional, spesifik
|
Ambigu dengan arti yang berlebihan
|
Hipotesis
|
Dapat dibuktikan
|
Tidak dapat dibuktikan
|
Observasi gejala
|
Sistematis, terkontrol
|
Tidak terkontrol, seadanya
|
Alat ukur
|
Akurat, tepat, sesuai
|
Tidak akurat, tidak tepat, tidak sesuai
|
Kontrol
|
Selalu dilakukan
|
Tidak ada
|
Pelaporan hasil penelitian
|
Tidak bias, objektif
|
Bias, subjektif
|
Sikap peneliti
|
Kritis, skeptis, mencari bukti
|
Tidak kritis, menerima apa adanya
|
Penyimpulan terhadap hubungan antara variabel
|
Mencari hubungan antara variabel secara sadar dan sistematis
|
Menghubungan 2 kejadian secara terburu-buru
|
Sifat penelitian
|
Dapat diulang
|
Tidak dapat diulang
|
Tugas kelompok:
1.
Diskusikan
hasil kerja anda dalam kelompok, cari persamaan dan perbedaan hasil kerja
setiap anggota kelompok.
Persamaan yang
kami temukan dari kedua sumber adalah kegiatan ilmiah haruslah berdasarkan masalah
yang empiris serta menggunakan konsep teori yang spesifik, dan kegiatan non
ilmiah menggunakan konsep teori yang ambigu (tidak jelas) serta tidak didukung
data yang akurat.
Berdasarkan hasil
kerja kedua anggota kelompok dapat ditemukan perbedaan pada jumlah aspek serta
sisi yang digunakan untuk pengambilan aspek perbedannya.
2.
Buat
sebuah kesimpulan kelompok tentang perbedaan kegiatan ilmiah dan non ilmiah.
Kegiatan ilmiah haruslah berdasarkan permasalahan yang
empiris, didukung data yang jelas dan spesifik, melalui proses penyimpulan dan analisis
data yang dilakukan secara benar, kesimpulan data yang siap diuji validitasnya
serta sifat penelitian yang dapat diulang. Sebaliknya, kegiatan non ilmiah cenderung
berdasarkan permasalahan yang intuitif, menggunakan data yang tidak jelas dan
bersifat umum, tidak ada proses penyimpulan dan analisis data meskipun ditutup
dengan suatu kesimpulan, boleh saja digunakan untuk mengkaji hal apapun yang
irasional, serta sifat penelitian yang tidak dapat diulang.
DAFTAR PUSTAKA:
Shaughnessy dan Zechmeister. 1997. Research Methods in
Psychology. New York: McGraw Hill
Komentar
Posting Komentar